Maandag 13 Mei 2013

jelaskan 6 pilar karakter



Pertama ialah trustworthiness, kejujuran yang bisa membuat orang lain percaya padanya tanpa banyak bicara. Dalam Islam, kita dapati istilah dari kisah hidup nabi Muhammad SAW: Al Amin. Dengan demikian, jangan ajari anak-anak kita berbohong mulai usia 4-6 tahun. Dalam konsep 6 pilar di atas, pilar ini berwarna biru yang mengacu pada ‘true blue’, kejujuran, sikap apa adanya.


Kedua ialah respect, rasa hormat. Warnanya emas, gold. Di usia 6-8 tahun, anak diajari untuk menghormati orang lain karena dasar kesetaraan antarmanusia, bukan berdasarkan SARA, kekayaan, gelar, dan sebagainya.


Ketiga ialah responsibility, tanggung jawab. Di usia 8-10 tahun, ajarkan anak-anak tentang bagaimana memikul tanggung jawab yang diberikan. Warnanya hijau. Saat membuat kesalahan, mereka harus mau mengakui, dan tidak menyalahkan orang lain atau berkelit.


Keempat ialah fairness, keadilan. Di usia 10-12 tahun, anak harus sudah belajar berperilaku adil pada orang lain. Warnanya oranye yang mengacu pada warna jeruk yang berbentuk juring-juring yang bisa dibagikan pada banyak orang dengan sama rata.


Kelima ialah care, kepedulian yang perlu dipelajari di usia 12-14 tahun. Disimbolkan dengan warna merah, layaknya warna Palang Merah.


Keenam ialah citizen, yang dicerminkan dengan warna ungu.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking