Pengertian Perilaku Konsumen menurut para Ahli
Menurut Engel,
Blackwell dan Miniard, perilaku konsumen diartikan “…. Those actions
directly involved in obtaining, consuming, and disposing of products and
services, including the decision processes that precede and follow this action”
(p.3). Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara
langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan
tersebut.
Menurut Loudon dan
Bitta Mencakup proses pengambilan keputusan dan kegiatan yang dilakukan
konsumen secara fisik dalam pengevaluasian, perolehan, penggunaan dan
mendapatkan barang atau jasa.
Menurut Hawkins,
Best dan Coney Merupakan studi tentang bagaimana individu, kelompok atau
organisasi melakukan proses pemilihan, pengamanan, penggunaan dan penghentian
produk, jasa, pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhannya terhadap
konsumen dan masyarakat.
Menurut Schiffman
dan Kanuk Merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat
keputusan membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang dan
usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
Tujuan Perilaku Konsumen
Tujuan mempelajari perilaku konsumen untuk
melaksanakan semua kegiatan dalam proses manajemen pemasaran, pemasar perlu
mengetahui perilaku konsumen. Sasarannya supaya kiat-kiat pemasaran yang
dilakukan benar-benar mengarah pada profitability dari perusahaan.
Sumber :
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking