Woensdag 19 Junie 2013

My Love Is True On You


~ ProLog ~

Liburan selama hampir 1 bulan berakhir sudah, dan hasil dari liburanku kali ini adlh seorang pacar.

Setelah 2 bulan jomblo, akhirnya tepat semiggu lalu aku mengakhiri masa j0mbloku dgn mnyandang status sbg se0rg kkasih dr se0rg br0nd0ng brusia 1 tahun lebih muda dariku bernama Eza. Tanya knpa aku mau brpacaran dgn se0rg br0nd0ng ? Cuma Coba Coba..
**

~ Dia ~

Dan hr ini, aku kmbali ke sek0lah. Mulai menjalani rutinitas sekolah lagi seperti biasanya, melewati segala hal mnyenangkan n menyembalkan di kelas, berhadapan dgn guru2 yg mmb0sankan, bhkan brtengkar dgn teman seperjuangan. Yah, beginilah khidupan di bumi SMA-ku di bangku kelas Xll. Betapa sialnya aku menjadi bgian dari 'Kelasku yg tak mngasikkaN' ini ! Itu alasan knpa aku memilih utk dduk sndri d sudut paling belakang kelas.

Tak ada satupun dari pnghuni klas ini yg ku kenal maupun mngenaliku ataupun mnyadari kehadiranku diruangan 10x10 m ini, kecuali 'Dia'.

Harus ku akui, sejak pertama menginjakkan kaki d klas ini, Dia adlh org prtama yg sdikit agak menarik perhatianku, ntahlah apa alasanku hingga demikian. Tapi aku yakin ada sesuatu darinya yg tak ku temukan pada diri org lain, dan aku masih tak tau ntah apa itu. Dan beruntungnya, dgn ketertarikanku tsb, aku brhasil mmbuatnya trtarik pula pdku. Jujus sj, aku bukan org yg sulit utk menarik perhatian org.

"Good morning my blackboy,"itu sapaan akrabku utknya di setiap pagi. Dan dia slalu mmbalasnya dgn snyuman maut yg tak ku lihat d snyum org lain.
Sampai detik ini, aku tau kami sangat dekat..
**

~ My Lie ~

Kelas penuh keributan, semua org membicarakan tntang liburan mereka yg seolah menggemparkan dunia. Tak ada gru yg masuk ke kelas ini meski bel tanda pelajaran dimulai sudah brlalu slama 25 menit, aku mensyukuri hal itu.

Sementara smua org berCeritaria, aku hanya sibuk dgn buku coret2 dan sbatang pena yg menari di atas lembaran kosongnya. Buku yg malang, halaman2nya penuh dgn oretan tak bermakna hasil karya jemari kananku.

"mau bercakap2 ?" tiba2 Dia muncul, dduk d tmpat k0s0ng d sblah bngkuku, tak ada yg prnah dduk d stu kcuali Dia, Dia yg kurasa hanya dia yg mnyadari aku ada disini.

"good idea.." kataku seraya menutup buku coret2ku. "jd, apa t0pik hr ini ?"

"ntahlah,, otak gW lg buntu.." jwbnya sntai smbil mmamerkan lesung pipi di pipi gelapnya yg mulus.

Percakapan yg lumayan tak memb0sankanpun brlangsung hanya antara aku dan dia, hingga akhirnya aku tiba pd suatu pertanyaan yg seharusnya tak ku pertanyakan.

"Lo punya pacar?"


"enggak," jwbnya tnpa ragu.                                      

"pernah pcaran ?"

"ya.. 3 kali... Sdikit kan ?"

"lumayan..."

"lo ndri? Punya pcr?" tnyanya tnpa ada rasa pnasaran sdkitpun.

"enggak..." jwbku sntai...ini dia ksalahan bsarku.

"wow !"

"kok w0w ??"

"cwe kya lo hruznya gak susah utk dpt cwo impian.."

"ya, wishing on it.."

Ku akhiri prckapan singkat itu dgn mengalasankan kbosananku d dlm klas. Aku prgi kluar klas, dan dy tak mngikutiku.

Mulai trpikirkan olehku, knp td aku brb0h0ng pdanya? Se0lah2 scara sp0ntanitas aku tak ingin dy tau hal yg sbnarnya..

Mf tlah mmb0h0ngimu,,

***

~ stay cLose ~

Stelah prckapan singkat itu, ntahlah apa pnyebabnya, sperti ada magnet sj d antara aku dan dy. Kmi mnjdi jauh lebih dkat dr sblumnya.

Seiring brjalannya wkt, aku tak tau apakah sngja atw tak sngja aku mnyebarkan byk 'signal2 khusus' utknya, dan aku snang mlakukannya. Bhkan tak jrang aku mmperlakukannya sperti pcar..
Well,, aku tau ada yg aneh dgn ku !!

***

~ EzA ~

Hari ini, tpat hr ke 10 aku jdian dgn si br0nd0ng itu, eZa. Dan tak bgitu mngagetkanku ktka trnyata hubungan kmi brakhir di pagi yg cerah ini.. At last, aku single lagi !
Hubunganku dgnnya sgt sgkat,, ya inilah slah stu resiko klo pcran sm br0ndong.. Utg sj aku tak bnar2 main hati pdanya., dan sbnarnya ini bkan yg prtma kalinya aku gagal mrajut hubungan dgn se0rg br0nd0ng.

Dibalik smua itu, ada prasaan agak snang ktka aku mnatap Dia -mgkin skrg aku hrus sbut nmanya- Rifan. Mnyadari bhwa kini aku sudah bnar2 j0mblo, itu brarti aku tak sdang brb0h0ng lagi mngenai 'Apakah aku punya pacar?' .

***

~ TTM ~

stelah ptus dgn eza, aku mrasa smakin yakin dgn prasaanku trhadap Rifan. Dan ak mrasakan hal yg sama trjadi pula pdnya. Aku dpt mrasakan dgn jelas bhwa dy brbalik mmbriku 'signal' itu.

Hampir stiap hari aku tak dduk sndiri lagi d sudut klas, krna kini sudag ada Dia yg mau mnempati bgku k0s0ng di sblahku. Aku bnar2 snang dgn kdekatan kami. Tapi sayang, hubungan kmi sebenarnya gak jelas ! Dibilang tman, ckup jlas klo kmi tak tmpak sperti skdar brtman. Dibilang pcaran, tp knyataannya kmi tak brpcaran. Apa hubungan sprti ini yg d maksud TTM ? Kalo emg ia, brapa lma lagi akan sprti ini ? Jjur, aku mgharapkan suatu saat ia memintaku utk mnjdi pcarnya... Tp kpan ?apakah mgkin itu akan trjadi ?

Tak salah lagi, aku mncintai dia... Apa dy mncntaiku ? Ku harap jwbannya 'ya'.

***

~ Kesalahan ke.2 ~

sikap br0nd0ng yg tak prnah asing adalah,, dgn seenaknya mnta ptus dan dgn sesukanya mnta balikan. Baru 3 hr brlalu stelah aku ptus dgnnya, tp ia sdh brkali2 mmbujukku utk kmbali pdnya. Tp aku tak mau ! Krna aku tau dgn jelas siapa yg aku mau skarang,, bukan eZa...

Aku muak dgn sikap eza yg tak hnti2 brjuang utk mrebut htiku lg. Akhirnya aku nekat brtndak cer0b0h. Kuceritakan smua mngenai Eza pd Rifan. Dan dgn lantang aku mminta Rifan utk berpura2 menjadi pacarku agar hal itu bisa membantuku utk membuat Eza menjauh dariku. Tak ku sangka, Rifan stuju dgn ide tololku itu. Ia bersdia utk mnjadi pcar pura2ku. Andai sja aku punya kberanian utk mmintanya mnjadi pcar sungguhanku,, tp tdak! Aku berharap ia yg mmintanya.

’’Harus diapain tu anak ?“

’’trserah lo, yg jlas gw mau dia jauh2 dr gw..“

’’jahat bgt lo jd cwe..“

’’hehe“

***
~ Meet Eza ~

Untuk mmbuat Eza ykin bhwa aku bnar2 sudah mendapat penggantinya, akhirnya aku nekat mngajak Rifan utk prgi k tmpat yg biasa ditrongkrongi Eza, sbuah lapangan futsal di tengah kota. Aku tahu mgkin tindakanku klewatan, tp mw gmana lg, aku sudah khabisan ide utk mmbuat Eza brhenti mngejar2ku.

’’mana anaknya?“, tanya Rifan ktika kmi tiba di halaman parkir lapangan futsal tersebt.

’’ga kliatan,,“

Aku tak melihat Eza d sdut mnapun, apa mgkin hari ini ia tak latihan futsal ? Tp tak mgkin, ini hari mggu dan aku tau pasti tmpat ini brada di nomor satu dlam daftar agendanya. Pasti dy dtang.

’’Rin ?“ teguran yg tak asing bagiku.

’’Za,,,“ tba2 Eza muncul di blakang kami. Dandanannya masih rapi, brarti dy baru saja tb d sni.

’’oh, jd lo yg nmanya Eza ?“

’’Dan Lo spa?“ Eza kmbali bertanya dgn nada dingin.

’’gw Rifan, pcarnya Rin.“

Hatiku brdebar kencang mnyaksikan tgkah 2 cwo dihadapanku itu. Aku brharap smuanya akan berjlan ssuai rencana.

’’oh, gw paham. Lo sengaja bawa pacar baru lo ksini spaya ktemu gw trus gw bkalan berhenti mnta lo balik ke fw, ya kan Rin?“

Ya,, tpat bgt!

’’bgus klo lo udah sadar . jadi gw minta lo gak usah gangguin Rin lagi!“ kta Rifan dgn lantang, seolah2 ia bnar2 pcarku dan bnar2 melarang Eza utk mnggangguku.

Ada ksedihan yg ditekankan di mimik wjah Eza. Aku tau ini sgt mnyakitkan bginya, tp mw gmna lg ?

’’Well, gw turuti,, gw gak akn ganggu pcar lo lg.. Dan lo, Rin, HEBAT! Kita baru ptus 3 hari dan lo dah dpat pgganti gw . Dari awal sbnarnya gw udah feeling klo lo cma mmpermainkan prasaan gw aja. Gw sma skali gak nyangka lo sesadis itu Rin. Tega..“

Kata2 Eza menusuk ulu hatiku bgaikan duri2 yg tajam. Semua itu bnar, tp aku tak boleh terkecoh dgn ocehan Eza tersebut, jka kmarin2 aku mmang hanya brmain2 dgn cnta, tp skarang aku kan mulai bnar2 mghargai cinta,, dan aku akan memulainya dgn Rifan.

’’Sorry, Za. Mgkin gw emang gak pantas buat co sebaik lo..“

’’Kita balik sekarang.“ Rifan mnarik tangan ku, ssaat aku sudah ada di boncengannya. ’’gw takut bsa emosi klo lama2 berhadapan sama ni bocah!“. Rifan mnyalakan msin motornya dan dgn skejap kmi sudah mninggalkan Eza di lapangan parkir tsb.

Kurasakan kehampaan dlm pandanagan Eza.,, i’m sorry..

***

~ Realize Something ~

Selepas bertemu dgn Eza, Rifan tak langsung mnagntarku plg ke umah. Ia mmbawa ku ke suatu tempat rekreasi yg identik dgn pantai.

’’Mumpung hari minggu.. Sekalian refreshing..“, katanya.

’’Yaa,, dan gw harap mulai sekarang akan mmulai awal baru dlm hdu gw,,“

’’amin...“

Aku dan Rifan bersandar di pagar temok yg membatasi jembatan dgn lautan luas. Angin laut yg bertiup agak kencang mengibaskan rambutku yg ku gerai. Dan aku melihat Rifan pun tengah menikmati terpaan angin tsb.

’’Jd baru 3 hari lo ptus sma Eza?“

’’Ya, and i felt good.“

’’Itu brarti semnggu yg lalu lo gak jjur mengenai status hubungan lo?“

Ooppss,,aku lupa kebohonganku itu!

’’mm,,,,,“ aku tak dpat mengelak, sudah tak ada ckup waktu utk mencari2 alasan.

’’Mengherankan,,,“ gumam Rifan.

’’Well,, gw ngaku,. Gw emang bohong waktu itu. Sorry,“

’’Ya, gak masalah, itu hak lo....“ sahutnya sambil tersenyum manis.

Fan, knapa lo gak nanya alasan gw melakukan kebohongan itu????aku hanya berani berdesis dlam hati. Andai sja dy tau, aku mlakukan hal itu karena tak ingin ia menjauh dariku. Jika sj waktu itu ia tau aku memiliki kekasih, kmungkinan besar skarang aku tak akan berada di sini bersamanya..

Tapi ya sudahlah, stidaknya ia pun tak mempermasalahkan hal itu lebih lanjut.

***

~ Help Me More ~

Seminggu kmudian,aku danRifan masih sperti hari2 sebelumnya. Kami sgt dkat dan tak ada hubungan yg melebihi teman diantara kami. Terkadang aku mulai bingung, siapa yg mempertahankan keadaan sperti ini? Aku atau Rifan? Seolah2 kedua dari kmi tak mempunyai nyali utk bertindak lebih serius mengeni hubungan kami. Jujur saja, aku menunggu Rifan yg akan memulai utk memperjelas hubungan kami, tapi spertinya Rifan pun melakukan hal yg sma, ia menunggu agar aku yg memulainya.

’’Rif, lo masih pacar pura2 gw kan ?“ tanyaku dengan maksud bercanda namu pnuh maksud.

’’Whatever..“ jawabnya singkat tanpa tersenym seperti biasanya.

’’Semalam Eza hubungi gw lagi, kayanya dy blum bnar2 nyerah deh..“ Jelasku. Tapi Rifan hanya diam saja sambil teus menyalin rumus2 fisika yg ada di papan tulis ke buku catatannya. ’’Rif ?“ tegurku, dan ia masih diam saja.

Rifan msaih tak meresponku hingga akhirnya ia selesai mencatatat dan menutup bukunya. ’’Sorry, gw gak bisa!“, sahutnya secara tiba2. sepertinya ia sudah mengerti maksudku.

Sifatnya hari ini berbeda. Dy dingin sekali tak seperti biasanya. Apa ada kata2ku yg salah ? tapi apa?

’’Rifan!!“ teriakku ketika ia pergi meninggalkanku, tp ia terus berlalu keluar kelas, tak menghiraukanku.

***

~ I Say It ~

Sepanjang pelajaran, aku tak bisa berfikir dgn tenang. Perasaanku resah menyadari perubahan sikap Rifan terhadapku hari ini, seolah ingin menjauhiku. Setelah percakapan tadi pagi, sampai sekarang ia tak menegurku lagi. Aku benar2 cemas..

 Teng Teng Teng..

Lonceng tanda pulang sekolah berbunyi. Bergegas ku bereskan barang2 sekolahku dan mengejar Rifan yg tampak terburu2 keluar kelas seakan berusaha mghindariku.

’’Syarif, tunggu !!“ Ku hadang langkahnya di depan kelas. Dan ia tak berontak. ’’Lo knapa sih?“, tanyaku, tp Rifan lagi2 hanya diam.

Waktu terus berlalu hingga kelas benar2 kosong. Kini hanya ada aku dan Rifan di dlm kelas. Tapi ia masih saja diam tak menjawabsemua pertanyaanku.

Sungguh aku takut melihat sikapnya yg acuh tak acuh terhadapku seperti ini. Aku takut jk ini adlh langkah awalku utk kehilangan dy.

’’Rif, jawab donk!! Lo tuh kenapa? knaa lo cuekin gw kaya gini? Lo bilang salah gw apa! Spaya jelas n lo ga perlu cuekin gw! Gw gak mau lo menjauh, gw sayang sma lo. Dan gw mau lo jd cwo gw, pacar sungguhan!!“ Tuturku panjang yg membuatku sulit marangkai kata. Dan kalimat itu keluar begitu saja, mewakili perasaan ku yg cemas.

Seketika, keheningan merebak di tengah2 kami. Rifan menatapku dgn pandanga yg tak bisa ku tebak entah apa maknanya.

’’Jadi pacar lo?“, tanya Rifan dan aku mengangguk pesat.

Kecemasan semakin menjerit dlam hatiku. Aku tak sabar menanti sesaat lagi Rifan akan memelukku dan mengungkapkan persaannya yg sbenarnya terhadapku. Aku percaya kebahagiaan yg tiada tara akan segera mghampiriku sesaat lagi, ketika ia bilang ’gw jg sayang sma lo Rin, gw jg mw lo jd pcar gw, pcar sungguhan’ .. itu yg seharusnya akan terjadi, sesaat lagi.,,,,

’’Lo mau gw jd pacar lo?’’, tanya Rifan sekali lagi.

’’ya, pacar beneran, bukan sekedar pura2..“ tuturku penuh harap. Tak ada lagi yg harus ku sembunyikan. Akan ku tunjukkan terang2an padanya betapa aku benar2 mengharapnya utk menjadi pacarku.

’’Kenapa? Supaya gw bisa ngebantu lo utk menjauhkan Eza dr lo? Setelah gagal sebagai pacar pura2, sekarang lo mau gw jd pcar sungguhan lo supaya gw lebih absolut  utk ngelarang Eza ngedekatin lo? Hah!!???“, jelas Rifan. Kata2nya tak dapat ku percaya. Kenapa begitu?

Hatiku terhempas jauh, Rifan salah paham....

“Enggak, Rif ! Gw sma sekali gak ada niat kaya gtu! Lo salah..“

’’Lo jahat Rin. Bener kata Eza, lo Cuma bisa maenin perasaan orang!“. Sungguh rangkaian kata2 berduri yg tak pernah ku harapkan akan muncul dari bibir Rifan. Seakan begitu menusuk hatiku.

Kemudian ia beranjak meninggalkanku..

’’GW CINTA SAMA LO! Itu alasan knapa gw mau lo jd pacar gw! Ini gak da hubungannya dgn Eza.. Gw bener2 cinta sama lo Rif..“

Rifan menghentikan langkahnya, ’’Gw gak percaya sama lo, Rin! Lo pembohong.’’, lagi2 perkataannya menyayat2 kalbuku.

’’Rif??“

’’Lo pernah bohongi gw sekali. Dan gak menutup kemungkinan kalo kali ini lo jg lg bohong sama gw! Dan gw gak mau tertipu utk kedua kalinya!“

Aku tak bisa berkata apapun lagi. Dan tak kuasa menahan langkah Rifan lagi. Sekejap ia telah berlalu dari pandanganku. Yang tersisa hanyalah aku sendiri disini, bersama kehampaan yg pnuh luka dan kecewa.

Sebesar itukah kesalahanku???

***

~ Epilog ~

Setelah kejadian itu, semua benar2 berakhir. Rifan tak lagi menjadi satu2nya sosok yg menyadari keberadaanku di kelas ini. Sekarang aku kembali menjalani hari2 sendiri, tanpa ada satupun yg menganggapku ada di ruangan ini.

Semuanya benar2 raib di telan waktu. Rifan sama sekali tak menghiraukanku lagi. Dan mgkin sampaidetik ini ia masih tak percaya bahawa aku benar2 mencintainya. Hanya karena kebohongan sepele yg kulakukan, sampai detik ini ia tak mau mempercayaiku lagi, bahakan perasaanku padanya, sungguh ironis bagiku. I feel die..

Ujian semester I berlalu, kuputuskan utk pindah sekolah ke luar kota. Aku bisa gila jk terus2an berada di sini. Ku harap dgn begitu aku bisa melupakan Rifan.

Dan hari ini, aku sedikit bangga dgn nilai raport ku yg lumayan tak mengecewakan. Selain itu, td pagi aku sudah mendapat SK pindah sekolah dari pak kepala sekolah. Itu berarti mulai detik ini aku sydah sah buka lagi murid di sini.

Desember 2011, pkl.3.00 pm. Sekolah sudah sepi setelah pembagian raport hari ini. Tg tersisa hanya aku dan pak Ibrahim penjaga sekolah yg mulai mengunci kelas2 satu persatu. Ku manfaatkan detik2 terakhirku di ruangan yg tadinya kelasku ini.

Kutelusuri meja yg ada di deret 3 baris ke 3, itu meja milik Rifan, orang yg sampai detik ini masih ku cintai. Aku memiliki waktu lebih kurang satu setengah jam sebelum bis ku berangkat dari terminal menuju kota tujuan. Ku manfaatkan waktu tsb utk meninggalkan secuil jejak kenangan di kelas ini, tepat di meja yg terletak di deret 4 baris ke 4, itu mejaku. Kuukir di atasnya dgn silet..

’’MY LOVE IS TRUE ON YOU,,“

Dan sekarang aku harus pergi, tak ku percaya semua berakhir seperti ini. Tp biar bagaimana pun jg, ini adalah pelajaran berharga utk hidupku.

Rifan, my love is true on you,, wish u trust me...

****** THE END ******
sumber : twitnonalabil :)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking